OLAHRAGA DAN MANFAATNYA

 

Olahraga dapat didefinisikan sebagai gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan membuat tubuh Anda membakar kalori. Terdapat banyak jenis olahraga, termasuk jogging, renang, dan masih banyak lagi. Dengan berolahraga telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Bahkan dapat membantu Anda memperoleh hidup yang lebih lama. Berikut artikel mengenai berbagai manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh Anda.

 

Manfaat Olahraga

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan

Olahraga dapat membantu Anda dalam mencegah kelebihan berat badan, menjaga berat badan Anda, maupun menurunkan berat badan. Anda dapat membakar kalori dengan melakukan berbagai aktivitas fisik, dan semakin intens aktivitasnya, maka semakin banyak kalori yang dapat Anda bakar.

  1. Dapat Meningkatkan Mood atau Suasana Hati

Dengan melakukan sesi gym atau jalan cepat selama 30 menit dapat membantu Anda dapat melepas stres. Aktivitas fisik dapat merangsang berbagai senyawa kimia pada otak, yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih rileks.

  1. Meningkatkan Stamina

Melakukan aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga dapat membantu sistem kardiovaskulat Anda bekerja lebih efisien. Dan ketika kesehatan jantung dan paru-paru Anda lebih baik, maka Anda dapat memiliki banyak energi atau stamina dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Penelitian menyatakan bahwa seiring bertambahnya usia, olahraga memiliki kemungkinan dapat membantu otak Anda tetap sehat. Dua studi yang dipresentasikan pada “Alzheimer’s Association International Conference” tentang penyakit alzheimer baru-baru ini menunjukkan bahwa orang tua yang berolahraga secara rutin memiliki risiko lebih rendah mengalami penurunan kognitif daripada yang tidak berolahraga.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut seorang pensiunan bedah saraf di Denver Children’s Hospital, melakukan olahraga dapat membantu Anda dalam mencegah osteoporosis, penipisan tulang, risiko patah tulang, dan penurunan yang terkait dengan patah tulang pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan.

 

  1. Meningkatkan dan Mempertahankan Massa Otot

Ketika orang-orang memasuki usia empat puluhan dan lima puluhan, massa otot mulai menurun yang disebabkan karena penuaan. Seiring bertambahnya usia, sangat penting untuk meningkatkan atau mempertahankan massa otot melalui latihan kekuatan, yang tidak hanya membantu membakar kalori, tetapi juga karena massa otot sangat penting untuk kekuatan dan keseimbangan.

  1. Kesehatan Pencernaan yang Lebih Baik

Meskipun sembelit disebabkan karena berbagai penyebab, kurangnya olahraga juga dapat menjadi faktor utama penyebab sembelit. Dengan melakukan olahraga dapat memberikan manfaat bagi Anda yang secara tidak langsung, seperti peningkatan hidrasi dan asupan makanan yang lebih baik.

  1. Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur merupakan penyebab utama terjadinya penyakit kronis. Melakukan olahraga yang teratur telah menunjukkan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, kebugaran kardiovaskular dan komposisi tubuh, serta membantu menurunkan tekanan darah dan kadar lemak darah.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Olahraga yang dilakukan secara rutin, namun tidak berlebihan, dapat meningkatkan produksi antioksidan alami pada tubuh Anda, yang dapat dapat membantu melindungi sel-sel. Selain itu juga dapat merangsang aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda munculnya penuaan kulit.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda sering mengalami susah tidur pada malam hari, berolahraga dapat membantu Anda memperoleh tidur yang lebih nyenyak. Berolahraga dapat membantu Anda tetap bugar di siang hari dan memudahkan ketika hendak tidur pada malam hari. Hal ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda yang lebih baik.

Kesimpulan

Olahraga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi Anda, yang dapat memperbaiki kondisi kesehatan Anda di hampir semua aspek, mulai dari dalam hingga luar. Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan membantu Anda mendapat tidur yang lebih nyenyak.

Olahraga juga dapat memperbaiki penampilan kulit Anda, membantu Anda dalam menurunkan berat badan maupun mempertahankannya, mengurangi risiko penyakit kronis, dan memperbaiki hubungan suami istri bagi Anda yang sudah berkeluarga.